Selasa, 29 Agustus 2017

Peluang Bisnis Rumahan Masyarakat Pedesaan

Peluang Bisnis Rumahan Masyarakat Pedesaan
Bagi masyarakat yang kebetulan tinggal di kawasan pedesaan maka kenali macam macam peluang bisnis rumahan yang potensial untuk dijalankan. Lingkungan pedesaan tentu memiliki tata kehidupan lebih sederhana dibandingkan dengan kehidupan di kota besar. Minimnya fasilitas justru membuat peluang bisnis terbuka sangat lebar mengingat kebutuhan masyarakat di desa tetaplah banyak. Akan tetapi tidak didukung dengan ketersediaan kebutuhan tersebut, sehingga manfaatkan peluang ini untuk menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat di pedesaan.

Secara umum masyarakat di pedesaan memiliki kebutuhan yang sederhana dibanding masyarakat di perkotaan. Misalnya saja masalah sampo ketika masyarakat kota tidak hanya memakai sampo melainkan juga conditioner. Maka masyarakat di desa masih setia cukup memakai sampo saja ketika keramas. Sehingga tidak mengherankan jika tempat usaha di pedesaan bisa dikatakan masih terbatas dibanding di kota. Tidak hanya itu umumnya jenis usaha yang ditekuni pun tidak beda jauh dengan usaha di tetangga sebelah.


Bisnis Rumahan untuk Masyarakat Pedesaan

Padahal dengan menekuni usaha yang sama tentu peluang memperoleh konsumen lebih banyak akan terbatas, karena konsumen bisa membeli di tempat lain yang berdekatan pula. Ketersediaan peluang bisnis rumahan ternyata tidaklah sedikit hanya saja masyarakat di desa masih terbentur dengan minimnya pengetahuan soal bidang bisnis tersebut. Alangkah baiknya mulai kenal dengan internet lebih dalam supaya menemukan berbagai inspirasi bisnis rumahan yang memang cocok dikelola di pedesaan.

Rupanya ada macam macam peluang bisnis rumahan yang cocok digeluti di lingkungan pedesaan dan bisa Anda tekuni dengan modal yang minim pula. Berikut merupakan beberapa diantaranya: 


  • Membuka usaha pom bensin mini

Di kawasan pedesaan sepertinya perkembangan jasa angkutan umum maupun pribadi sudah lumayan pesat. Sayangnya tidak ditunjang oleh ketersediaan tempat jualan bensin sehingga banyak yang harus menempuh perjalanan jauh. Pertimbangkan untuk menjual bensin memulai mesin pom bensin mini yang lebih praktis dan modern. Sehingga pemilik kendaraan tidak harus membeli satu liter melainkan bisa hanya Rp 5 ribu.

  • Berjualan aneka jenis pakaian,
Pakaian merupakan kebutuhan pokok dan kini tidak sedikit pabrik atau konveksi yang menjual pakaian baru dengan harga miring. Melihat lokasi pasar pakaian lumayan jauh maka pertimbangkan untuk berjualan pakaian di depan rumah. Manfaatkan emperan rumah untuk dijadikan lapak menggelar dagangan aneka model pakaian segala usia. Dijamin peminatnya banyak sebab bisa membeli baju baru tanpa perlu pergi jauh sehingga lebih hemat dan praktis.
 

  • Mengolah hasil kebun untuk dijual
Daerah pedesaan tentu dekat dengan hasil kebun sebab lahan disini memang jauh lebih lapang ketimbang di perkotaan. Anda bisa mengolah aneka hasil kebun menjadi berbagai makanan siap santap untuk dijual di depan rumah atau dititipkan ke warung-warung. Misalnya, ketika daerah di desa Anda menghasilkan banyak ubi jadikan makanan bentuk lain yang lebih variatif agar menarik untuk dijual. Sepertinya membuat keripik, ketika dijual dalam bentuk ubi tentu murah akan lebih mahal ketika menjadi keripik.

  • Menyediakan jasa jahit pakaian
Jasa jahitan sepertinya menjadi usaha rumahan yang cocok ditekuni di semua wilayah, baik pedesaan maupun perkotaan. Sebab pada momen tertentu pakaian yang ingin dipakai lebih nyaman dan lebih pas jika dijahit ke tukang jahit. Anda bisa mengasah kemampuan menjahit untuk kemudian membuka jasa penerimaan jahitan. Kalaupun pesanan baju pesta minim Anda tetap akan menerima orderan untuk menjahit seragam anak sekolah. Menentukan satu diantara macam macam peluang bisnis rumahan tentu penting, dan menjahit menjadi pilihan menarik.

0 komentar:

Posting Komentar